Manfaat Anti Rayap

Jasa Anti Rayap

Rayap merupakan bagian dari rantai ekosistem kehidupan manusia, lalu kenapa rayap dianggap merusak? Kehidupan ini hakekatnya saling bergantung satu sama lainnya, sebagai simbiosis mutualisme. Ada satu sisi menguntungkan ada satu bagian lainnya merupakan bagian proses yang dianggap merugikan.

membasmi rayap

Rayap ketika dialam bebas merupakan serangga sebagai dekomposer (pengurai) disamping dianggap merugikan secara ekonomi, dekomposer membuat tanah kaya dengan menambahkan senyawa organik dengan itu. Zat seperti karbon, air dan nitrogen dikembalikan ke ekosistem melalui tindakan pengurai. Yang termasuk contoh pengurai (dekomposer) adalah serangga, cacing tanah,mikroba tanah, bakteri, jamur, belatung, lactobacteria, kecoa, ragi, siput, lumut, dan actinomycetes (sumber wikipedia.org)

Ketika sisa-sisa tumbuhan baik akar, daun dan ranting tidak dimakan atau diserap oleh tanah. Rayap membantu mempercepat proses alamiah hingga kembali bersama tanah. Sedangkan apabila suatu wilayah sumber alamiyah makanan rayap berkurang bahkan punah, maka rayap akan mencari sumber lain. Adapun beberapa manfaat anti rayap diantaranya:

  1. Melindungi bangunan dari serangan rayap
  2. Melindungi Tanaman
  3. Melindungi properti material bangunan
  4. Membasmi Rayap yang menyerang bangunan
  5. Mengatisipasi Pondasi bangunan tidak lost akibat banyaknya rayap disekitar bawah tanah bangunan membentuk sarang dan koloni

Beberapa Metode Anti rayap Efektif adalah:

1. Suntik

2. Umpan

3. Spray

4. Bubuk

5. Pipanisasi(pemasangan Pipa intalasi)

6. Trapping Rayap

Mengandung Solvent yang lebih stabil dan ramah lingkungan

Sangat sulit larut di air dan terserap akar tanaman

Berikatan kuat dengan bahan organik tanah (sumber makanan Rayap)

Paling persistent di dalam tanah

Beberapa indikator serangan rayap dapat dideteksi secara kasat mata diantaranya:

  1. Adanya Liang Kembar:  Liang kembara merupakan jalur rayap yang menjelajahi dari pusat sarang  di dalam tanah ke bagian kayu atau material bangunan yang diserang.
  2. Adanya Laron, Adanya laron merupakan indikasi tidak terlalu jauh atau sekitar lingkungan tempat tinggal kita terdapat sarang rayap, karena laron akan keluar pada musim awal penghujan yang biasanya laron tertarik cahaya lampu dan mengerumuninya
  3. Kerusakan material kayu atau semua peralatan terbuat dari turunannya termasuk kertas, karton dan lain-lain